TELUK KILUAN, SURGA TERSEMBUNYI DI UJUNG SELATAN SUMATERA

NGETRIP KE TELUK KILUAN

Berwisata ke Teluk Kiluan, Surga di Lampung, bahkan di Indonesia, kini tengah menjadi tempat wisata alam yang tengah naik daun. Betapa tidak. Tempat wisata ini menyimpan keindahan alam yang masih asri dan eksotis. Keindahan pantainya yang bersih dengan hamparan pasir putih sangat memanjakan mata. Lautnya pun berwarna biru bening sangat cocok untuk berwisata bahari. Kata surga tentunya pantas untuk menggambarkan keindahan alam tempat ini. Ditambah lagi yang tidak kalah penting, kawasan wisata ini dihuni oleh Ratusan lumba-lumba dari berbagai macam jenis. Hal tersebutlah yang menjadikan Teluk Kiluan menjadi salah satu Kawasan Wisata Unggulan Propinsi Lampung.

Tempat wisata ini sebenarnya sudah menjadi destinasi berwisata alam favorit sejak tahun 1995. Akan tetapi, pada waktu itu wisatawan yang datang kebanyakan memang wisatawan mancanegara. Tempat yang eksotis ini memang belum banyak diketahui oleh wisatawan domestik. Bahkan masyarakat Lampung pun belum banyak yang mengetahuinya. Oleh karena itulah, tempat ini menjadi surga Lampung yang tersembunyi. Baru sekitar tahun 2004 tempat wisata ini dibukan dan mulai diramaikan oleh wisatawan domestik.

Tempat wisata Teluk Kiluan tepatnya terdapat di Pekon Kilauan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tenggamus, Propinsi Lampung. Anda yang suka ngetrip, tentu tidak boleh melewatkan kesempatan emas menikmati keindahan topografi wisata alam ini. Perbukitan yang hijau, teluk-teluk yang indah dan pulau-pulau yang masih sepi tentu wajib untuk Anda singgahi. Tempat wisata ini juga sangat terkenal sebagai tempat migrasi sekawanan lumba-lumba. Lumba-lumba muncung botol dapat dijumpai hampir setiap pagi hari dalam jumlah gerombolan yang cukup banyak. Sebenarnya selain lumba-lumba botol adapula lumba-lumba paruh panjang yang bertubuh lebih kecil daripada lumba-lumba botol. Tidak keran jika akhirnya tempat wisata ini terkenal pula sebagai tujuan wisata lumba-lumba. Bahkan saking banyaknya lumba-lumbanya ada wisatawan asing mengatakan ini adalah salah satu habitat lumba-lumba terbesar di dunia.

Akses Perjalanan

Perjalanan yang harus Anda tempuh dari Bandar Lampung ke teluk tidak jauh, hanya sekitar 90 km. Dulu memang Teluk Kiluan ini terkenal dengan jalur darat yang sangat susah dan rumit, sebelum akses jalan diperbaiki, lama perjalanan dari Bandar Lampung bias mencapai 5-6 jam. Alhamdulillah saat ini, atas perhatian Pemerintah Propinsi Lampung di masa kepemimpinan M. Ridho Ficardo, lama perjalanan sekarang bias ditempuh cukup 2 jam perjalanan. Itupun karena ada beberapa ruas jalan yang belum di aspal, sekitar + 5 km.

Sudah banyak penyedia jasa travel dan berlibur ke Teluk Kiluan. Banyak paket Teluk Kiluan yang ditawarkan dan dapat Anda pilih sesuai budget dan waktu Anda. Paket yang ditawarkan cukup beragam mulai dari liburan 2 hari 1 malam hingga paket liburan 7 hari 6 malam. Biasanya paket yang ditawarkan sudah mencakup kendaraan berangkat ke teluk, pondok penginapan, makan, objek wisata dan tour guide. Anda akan sangat dimudahkan pastinya. Jika Anda ingin berlibur dengan paket hemat, maka berlibur secara berkelompok adalah cara tepat menekan biaya.

Perjalanan menuju Teluk Kiluan saat ini sudah mulai nyaman, selain jalannya sudah bagus juga sudah banyak mini market yang sudah dibuka sepanjang jalan. Sehingga para traveler masih bisa belanja perlengkapan makanan (sanck) selama berlibur di Kawasan Teluk Kiluan.

Di kawasan teluk belum didapati hotel, tetapi sudah ada beberapa penginapan sejenis cottage kayu yang disewakan oleh penduduk setempat. Beberapa penduduk juga menawarkan penginapan berkonsep homestay dengan menyewakan kamar di rumah mereka. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi, namun serahkan itu semua kepada kami sehingga Anda tinggal terima beres dan tidak perlu repot lagi. Anda juga diperbolehkan mendirikan tenda di dekat pantai dengan membayar sejumlah uang kepada pengelola pantai tersebut.

Tidak perlu khawatir tentang makan pagi, siang, dan malam. Di penginapan Anda sudah kami siapkan makanan yang cukup lezat dan enak untuk anda nikmati. Jika wisatawan tidak menggunakan jasa travel dan baru memesan pada saat itu juga, biasanya makanan baru akan dimasak beberapa saat sebelum dimakan atau dalam artian jika Anda memesan makanan. Kurang lengkap pastinya berlibur ke Lampung tanpa mencicipi makanan khas Lampung. Pesan saja pepes ikan dan sambal tempoyak yang pastinya terasa nikmat karena sambal terbuat dari durian.

Ada satu hal yang tidak boleh ketinggalan, ketika anda ingin trip ke Teluk Kiluan jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, pelembab tabir surya, dan lotion anti nyamuk. Anda juga membutuhkan tisu basah atau sejenisnya karena walau sudah mandi, daerah pinggir pantai pastinya airnya payau (campuran air tawar dan air laut).

Masalah keamanan dan kenyamanan di lokasi wisata jangan khawatir, keamanan dan keamanan anda para traveller sangat dijamin. Penduduk di desa ini cukup beragam ada suku Sunda, Jawa, Bali, Bugis, dan Lampung. Kebanyakan penduduk di desa ini pun turunan bali pemeluk Hindu. Hal karena dulunya tempat ini memang merupakan desa transmigrasi penduduk dari pulau Jawa dan Bali. Sehingga sangat beragamnya suku sehingga komunikasi antar warga juga sangat baik. Tentunya masyarakat Kiluan Negeri sangat menjaga kenyaman dan keamanan Teluk Kiluan demi rasa nyaman para traveler, sehingga menjadi alasan agar kembali berkunjung lagi ke Teluk Kiluan.

Hunthing Dolphin (Berburu Lumba-Lumba)

Perjalanan trip Teluk Kiluan yang biasanya ditawarkan adalah trip dengan menggunakan jukung. Jukung sendiri adalah sejenis perahu tradisional nelayan setempat yang sudah dilengkapi dengan motor. Jukung berbentuk ramping dan panjang, cukup untuk menampung 3 orang ditambah satu pengemudi. Jukung ini disewakan untuk para wisatawan atau sudah di koordinir oleh travelnya jika menggunakan jasa travel. Penyedia perahu juga akan melengkapi Anda dengan jaket pelampung.

Untuk mengabadikan aksi lumba-lumba mungkin kamera tele atau kamera bawah air (GOPRO) adalah pilihan yang tepat. Pantai ini pun cocok disebut pantai lumba-lumba karena banyaknya lumba-lumba di kawasan ini.

Lumba-lumba biasanya muncul pada pagi hari sekitar pukul 6 pagi hingga 10 pagi waktu setempat. Jadi jika tidak ingin ketinggalan, pastikan Anda memulai perjalanan Anda sejak pagi paling tidak sekitar 6 pagi. Perjalanan untuk mencapai tempat lumba-lumba biasa terlihat pun tidak lama. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari bibir pantai Teluk Kiluan. Jika Anda beruntung, tanpa menunggu lama Anda dapat melihat kawanan lumba-lumba yang berenang dan melompat-lompat di tengah laut.

Tempat wisata Teluk Kiluan merupakan tempat wisata alam bahari, jadi pastikan Anda berlibur di saat yang tepat yakni di musim kemarau. Mengunjungi Pulau Kiluan, melihat lumba-lumba, memancing ikan, trip keliling dengan jukung menikmati keindahan alam di sana tentu menjadi satu paket lengkap. Paket tour Teluk Kiluan pastinya pun akan menjadi paket berlibur tidak terlupakan.

Laguna Gayau

Apa itu laguna? Laguna (atau lagoon dalam bahasa Inggris) adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Jadi, air yang tertutup di belakang gugusan karang (barrier reef) atau pulau-pulau atau di dalam atol disebut laguna. Nah di Teluk Kiluan juga terdapat laguna. Namanya Laguna Gayau.

Laguna Gayau ini terletak di Balik Bukit Teluk Kiluan. Bagi para backpacker atau wisatawan sejati, jika bertandang ke destinasi Teluk Kiluan, singgahlah ke Laguna Gayau. Meski menjadi tujuan trip wisata ke-dua di Teluk Kiluan, namun destinasi ini tak kalah menarik. Bahkan, justru lebih menantang dan eksotik.

Lubang batu karang tersebut, ukuran panjangnya tidak kurang dari lima meter. Percikan air laut dari dalam lubang yang mengenai muka dan badan saya, terasa mengobati rasa lelah dan penat. Sangat menyenangkan.Itu sebabnya, banyak wisatawan yang memanfaatkan percikan air tersebut untuk diabadikan sebagai background foto mereka. Dalam tiga kali jepretan kamera, foto dengan guyuran air tersebut menjadi menarik dan sensasi saat diunggah di jejaring social.

Pulau Kelapa

Pulau Kelapa atau dikenal pula sebagai Pulau Kiluan adalah destinasi di Teluk Kiluan yang kerap menjadi tujuan utama lainnya saat datang ke teluk tersebut. Di pulau yang  luasnya hanya sekira 3 hektar ini, Anda dapat menikmati keindahan sebuah pulau kecil di tengah teluk. Pada sore hari, traveler dapat menyaksikan sunset dari sebelah barat pulau ini. Tentunya sunset akan jelas terlihat kalau cuaca cerah.

Pantai Gigi Hiu


Pantai Gigi Hiu ini cukup berbeda dengan pantai lainnya yang banyak tersebar di Indoesia. Pantai Gigi Hiu atau Pegadungan ini memiliki keeksotisan yang terletak dari banyaknya gugusan batu-batu karang yang menjulang tinggi bak tebing dengan susunan yang cukup unik. Gugusan-gugusan batu tersebut memiliki tinggi dan juga besar yang cukup bervariasi antara 1 meter hingga 10 meter untuk ketinggiannya.

Itulah lokasi dari Pantai Pegadungan yang dikenal sebagai Pantaiu Gigi Hiu berkat adanya tebing-tebing yang menyerupai gigi dari hewan laut yang cukup ganas yakni hiu. Meskipun dengan keeksotisannya itu pula lokasi ini disebut sebagai Batu Layar karena batunya yang berkembang bagaikan perahu layar.

Berlokasi di Kecamatan Klumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, lokasi Gigi Hiu sendiri adalah sebuah daerah yang cukup jauh dari lingkungan penduduk dan juga keramaian. Meskipun demikian sebenarnya l

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.